TEH OOOLONG

MINUM TEH telah menjadi tradisi turun-temurun di Taiwan. Tak hanya melulu soal adat istiadat, mengonsumsi teh juga telah menjadi bagian dari gaya hidup sehat.
Jika pergi ke Taiwan, jangan lupa sempatkan waktu untuk menikmati sensasi teh oolong. Bagi masyarakat Taiwan minum teh sudah menjadi tradisi turun-temurun. Tak heran bila di sini gampang sekali menemui teh berkualitas bagus. Teh oolong misalnya. Masyarakat Taiwan meyakini, teh oolong memiliki kandungan gizi yang lebih banyak dibanding teh sejenis, misalnya teh hijau, teh herbal, atau teh hitam.
Sebenarnya minuman teh–apa pun jenisnya–diyakini memiliki banyak khasiat. Selain sebagai antioksidan, pucuk daun tanaman ini setelah diseduh mampu membuat pikiran rileks. Demikian pula dengan teh oolong. Lantas, apa beda teh ini dengan teh sejenis?
Menurut Ny Lien, pemilik Lien Jih Tea Farm, di Taitung, Taiwan, teh oolong biasanya dikonsumsi setelah menyantap makanan berlemak atau seusai mengonsumsi minuman beralkohol. Fungsi utama dari teh ini adalah membersihkan lemak dan racun yang mengendap dalam tubuh.
Selain itu, menetralisasi pengaruh alkohol. Sehingga, misalnya saja, jika pada jamuan makan malam kita menyantap makanan berlemak, setelah itu kita minum teh oolong, keesokan harinya saluran pencernaan akan kembali “plong”. Ini karena cairan dari teh ini mampu melakukan proses pembersihan.
“Habiskanlah secangkir teh oolong dalam tiga kali tegukan, maka khasiatnya akan lebih terasa,” tutur Ny Lien sembari meracik teh oolong di hadapan rombongan visiting journalist yang menyambangi perkebunannya awal Maret lalu.
Lantas, bagaimana teh ini bisa menjadi “raja” nya teh di Taiwan? Ini karena proses seleksi yang sedemikian ketat dari awal. Pucuk daun teh yang diambil misalnya, hanya diambil dua helai daun termuda. Biasanya turut disertakan pula bakal daun ketiga yang masih kuncup.
Pemilihan bahan-bahan dan proses meramu teh yang “berbeda” dibanding teh lainnya menjadikan suatu produk disebut teh oolong. Kuncinya, ada pada proses oksidasi. Khusus teh jenis ini, saat oksidasi hanya berlangsung sekitar 2–3 hari.
Saat itu, “jati diri” teh sedang berada dalam kondisi tengah-tengah antara teh hijau dan teh hitam. Sebagai perbandingan, oksidasi untuk teh hitam atau merah berlangsung 2 minggu hingga 1 bulan. Selanjutnya, proses dilanjutkan dengan pemanasan (cara tradisionalnya dengan digongseng di atas wajan panas).
Seiring perkembangan jaman, masyarakat Taiwan pada era kekinian, cenderung tidak lagi menyediakan waktu khusus untuk minum teh, baik oolong atau pun jenis lainnya. “Semua, tergantung konteks acara dan kebutuhan,” ujar Director Press Information Division Taipei Economic and Trade Office (TETO) Indonesia, Tommy Lee.
Teh oolong memang sangat tenar di China. Namun, sejatinya, teh ini diperkenalkan lebih dulu di Taiwan, sehingga tidak berlebihan jika kemudian teh jenis ini diklaim sebagai ciri khas dan “milik” wilayah ini. Setelah mengetahui seabrek manfaat teh ini, tidak ada salahnya Anda mulai mengonsumsi.
PROSES oksidasi setengah pada teh Oolong inilah yang membuat teh ini lebih berkhasiat dibanding-kan jenis teh lainnya. Teh ini mampu mengusir kolesterol jahat hingga mengobati dermatitis.
Munculnya berbagai jenis minuman baru tak membuat teh dilupakan. Pasalnya teh tak hanya menyegarkan, tetapi minuman ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Banyak jenis teh bisa dipilih sebagai alternatif untuk menjadikan seseorang lebih sehat. Salah satunya adalah teh Oolong yang mempunyai banyak manfaat.
Senyawa polifenol, theanin, kandungan mineral, serta kandungan alkaloid dalam teh ini berperan penting bagi kesehatan. Dokter yang mengaplikasikan teh dalam bidang medis, Prof Dr dr Dede Kusmana, mengatakan bahwa polifenol dalam teh Oolong membantu kesempurnaan kerja enzim superxide dismutase (SOD). Teh ini juga berkhasiat menyingkirkan radikal bebas, karena polifenol ini memiliki daya antioksidan 100 kali lebih besar dari vitamin C.
“Secangkir teh Oolong atau lebih setiap hari, akan membuat Anda sehat senantiasa,” tandasnya. Senyawa polifenol pada teh yang memiliki manfaat bagi kesehatan adalah unsur katekin (Catechin) dan turunannya, Epigallokatekin. Selain itu, kandungan Theaflavin juga berperan sebagai antioksidan dalam menangkal radikal bebas. Radikal bebas merupakan musuh besar kesehatan dan kecantikan.
Dalam bahasa China, oolong berarti “naga hitam atau ular hitam”. Bermacam-macam legenda menjelaskan asal nama ini. Ada sebuah legenda yang menceritakan tentang asal-usul teh Oolong ini. Munculnya seekor naga hitam membuat seorang pemilik kebun teh pergi meninggalkan teh yang sedang dijemurnya.
Beberapa hari kemudian, dia pun kembali ke tempat dia menjemur tehnya. Dia pun kaget mendapati daun-daun teh telah teroksidasi oleh matahari dan memberikan hasil seduhan yang enak.
Teh Oolong berasal dari satu spesies tumbuhan teh Camellia Sinensis. Polifenol yang terkandung dalamnya memiliki manfaat sebagai antioksidan. Lantas, apa bedanya Oolong dengan teh jenis lainnya? Perbedaan terletak pada proses pembuatan dan pengeringannya. Semua teh berwarna hijau ketika dipetik. Teh hijau diperoleh dengan cara pemanasan, untuk menghadang reaksi enzimatik alami (oksidasi) daun. Begitu dikeringkan, daun-daun teh hijau lalu digulung dengan maksud memecah struktur sel di dalamnya.
Sementara teh Oolong dipetik, lalu ditempatkan dalam kondisi tertentu dengan kelembapan dan temperatur untuk memungkinkan oksidasi. Namun, proses oksidasi hanya dilakukan setengah jalan (oksidasi sempurna akan membentuk teh hitam). Daun-daun teh Oolong tidak dibuat untuk pecah, sehingga sebagian struktur sel daun masih relatif menyatu. Perbedaan proses inilah yang membuat setiap jenis teh memiliki manfaat berlainan, meski berasal dari daun tumbuhan yang sama.
Oksidasi setengah inilah yang justru memberi manfaat besar, bahkan dianggap yang terbaik dari tipe fermentasi teh lain, (teh hijau dan teh hitam). Selain sebagai antioksidan, teh ini juga dikenal ampuh dalam menurunkan berat badan. Menurut penelitian, kandungan antioksidan yang tinggi dari proses oksidasi setengah membuat teh Oolong mempercepat metabolisme dalam tubuh, sehingga mereka yang rutin meminum teh Oolong mendapat keuntungan pembakaran kalori lebih cepat ketimbang yang tidak.
Teh Oolong bisa memberi manfaat bagi kesehatan antara lain menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat), menurunkan risiko penyakit kanker, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan mencegah serangan stroke, menurunkan berat badan, serta meningkatkan stamina,” jelas dokter yang pernah menjabat sebagai Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia. Antioksidan yang banyak terkandung di dalam teh membuat pembuluh darah lentur, sehingga aliran ke ginjal lebih bagus.
Tak sampai di situ saja, penderita dermatitis pun bisa memetik manfaat teh ini. Lagi-lagi sebuah penelitian di Jepang menyebutkan bahwa konsumsi teh Oolong secara rutin, ampuh menekan dermatitis atau eksim (radang kulit hingga kemerahan) membandel yang diidap pasien.
Penelitian yang diterbitkan dalam Arch Dermatol itu menyatakan efek moderat konsumsi teh Oolong bagi penderita eksim telah terlihat dalam waktu dua pekan. Dengan catatan, pasien mengonsumsi teh Oolong tiga kali sehari setiap habis makan. Memang bila dibandingkan dengan teh hijau dan teh hitam, teh Oolong memiliki aroma lebih tajam dan rasa lebih asam serta pahit. Namun bagi penggemar teh, rasa itulah yang membuat teh Oolong semakin nikmat.Cara paling baik mendapat manfaat teh Oolong, minumlah satu cangkir 30 menit atau 1 jam sebelum beraktivitas, jalan, atau berolahraga.
Bagi penderita diabetes, teh Oolong ini juga sangat bermanfaat. Sebuah penelitian gabungan dari Jepang, Taiwan, dan Amerika Serikat menemukan bahwa teh Oolong efektif menurunkan tingkat plasma glukosa pasien diabetes tipe 2.Mereka juga menemukan bahwa pemakaian teh Oolong bersamaan dengan obat agen antihiperglikemia akan efektif ketimbang pemakaian obat itu sendiri tanpa teh.
Selain untuk kesehatan tubuh, minum Oolong pada siang atau sore hari membantu menyingkirkan kepenatan di tengah kesibukan kerja. Tak lain, karena kandungan theanindi dalamnya.
Teh Oolong, Antioksidan yang Lebih Baik daripada Vitamin C
Teh Oolong memiliki manfaat bagi kesehatan terutama untuk mencegah radikal bebas dalam tubuh, karena daya anti oksidan dalam teh oolong 100 kali lebih besar dibanding vitamin C.
Senyawa dalam daun teh oolong yang berperan penting bagi kesehatan adalah senyawa polifenol, theanin, kandungan mineral serta kandungan alkaloid. Polifenol dalam Teh Jawa Oolong membantu kesempurnaan kerja enzim Superxide Dismutase (SOD) yang bisa menyingkirkan radikal bebas.
Senyawa polifenol pada teh yang memiliki manfaat bagi kesehatan adalah unsur katekin (Catechin) dan turunannya Epigallokatekin (EGCG) dan Theaflavin sebagai unsur yang paling berperan sebagai antioksidan dalam menangkal radikal bebas. Radikal bebas merupakan musuh besar kesehatan dan kecantikan.
Teh Oolong Meluruhkan Kolesterol
Pernah mengecek kadar kolesterol Anda? Meskipun badan anda kurus, belum tentu kolesterol anda rendah. Penyebab kolesterol tinggi adalah adanya lemak dalam darah.
Hal ini bisa terjadi dari pola makan, stress, rokok, polusi, dll. Lemak tersebut menghambat aliran darah dari jantung ke organ-organ tubuh. Aliran darah di pembuluh darah yang tersumbat (tak lancar) tersebut bisa terakumulasi (bagaikan selang yang tengahnya ada gumpalan kotoran), suatu saat “selang” (pembuluh darah) itu bisa terhenti, hal ini disebut serangan stroke, atau lebih parah lagi adalah serangan jantung, yang bisa mengakibatkan orang lumpuh, karena yang diserang adalah syaraf.
Selain memperbaiki kebiasaan makan makanan yang tinggi kolesterol, minum teh Oolong juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat), menurunkan resiko penyakit kanker, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan mencegah serangan stroke.
Dikatakan Prof Dede, walaupun teh bisa memberi dampak yang baik untuk kesehatan, hal itu juga ditentukan juga dari kualitas daun teh dan cara penyajian teh yang benar. Kualitas terbaik daun teh berada pada tiga pucuk daun pertama.
Penyajian teh yang benar, jelas dia, adalah menyeduh teh dengan waktu tidak lebih dari tiga menit dan tidak membiarkan daun teh terendam lebih lama dari waktu tersebut. Cara ini akan didapatkan kenikmatan rasa dan aroma teh secara optimal. Selain itu, kualitas air juga memengaruhi kualitas seduhan teh. Air yang berkualitas baik adalah air dari mata air pegunungan.
“Sajikan teh selagi hangat dan jangan pernah menyeduh teh dalam kondisi panas, tetapi yang tepat adalah dalam kondisi hangat,” tuturnya pada acara talkshow mengenai keajaiban dari teh Oolong (The Miracle of Oolong Tea).
Dari beragam khasiat teh inilah, PT. Natural Nusantara (NASA) memperkenalkan produk unggulan baru berupa teh Oolong (Oolong tea). Teh Oolong merupakan minuman favorit di Cina dan India karena memiliki manfaat dan khasiat yang luar biasa. Teh Oolong antara lain :
• Untuk menjaga kesehatan jantung
• Sebagai anti mikroba dan anti bakteri
• Mencegah penyakit kanker
• Mencegah aterosklerosis
• Mencegah penyakit Alzheimer dan stroke
• Melancarkan sekresi dan air seni
• Mencegah oksidasi dan osteoporosis
• Mencegah penyakit diabetes
• Mencegah penyakit ginjal
• Meningkatkan kekebalan tubuh
• Menurunkan kolesterol
• Mencegah penyakit Parkinson
• Mencegah karies gigi
Tips menikmati Teh Oolong:
1. Rasa dan warna seduhan teh juga dipengaruhi oleh air yang digunakan, oleh karena itu disarankan untuk menggunakan air yang berkualitas baik, sebaiknya dari mata air pegunungan.
2. Menyeduh daun teh jangan terlalu lama, cukup selama 2-3 menit dan tiriskan
Takaran daun teh yang dipakai dapat disesuaikan dengan selera Anda. Apabila ingin mendapatkan rasa yang lebih pekat, tambahan takaran daun tehnya.
3. Nikmati sajian teh sesegera mungkin, sewaktu masih hangat. Minum teh juga sebagai pencair suasana, saat berkumpul bersama relasi, kerabat dan keluarga.
4. Sajian teh oolong lebih nikmat jika diminum tanpa gula, karena teh oolong mengeluarkan rasa manis yang khas, yang dapat dirasakan beberapa saat setelah meneguknya.
5. Bila Anda ingin menikmati sajian teh oolong secara rileks, gunakan poci yang terbuat dari tanah liat. Namun bila Anda ingin menikmati teh oolong dengan cara yang lebih praktis, gunakan alat seduh teh khusus (tea maker)
6. Simpanlah daun teh dalam wadah yang kedap udara agar daun teh tetap kering dan untuk menjaga aroma dan citarasanya

Nah anda sekarang tahu manfaat Teh ooolong untuk badan kita. PESAN SEKARANG JUGA 0857 6480 8887

HARGA Rp 400.000,- ISI 200 gr

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: